Senin, 05 April 2010

Don’t Fight, Train Them

Kadangkala kita melihat sebuah masalah yang terus menghantui dan menakuti kita, lalu timbul keinginan untuk melawannya. Padahal belum tentu masalah tersebut bisa selesai dengan cara dilawan. Beberapa masalah bahkan semakin membesar dan rumit ketika kita lawan. Yang akhirnya membuat kita semakin tersita waktu dan pikiran untuk terus melawannya lebih kuat lagi.

Mungkin ada saatnya kita tidak melawan sebuah masalah, tetapi mencoba bersahabat, mengenalinya, dan mencoba mengerti. Ikuti kemana arah masalah tersebut, dan sikapi dengan jiwa yang tenang, penuh kasih sayang dan keikhlasan. Mungkin sebenarnya masalah tersebut takut menghampiri kita, tidak serumit dan seberat seperti yang kita kira. Sayangnya mungkin kita sebagai manusia gagal melihat sisi lain dari sebuah masalah. Mungkin karena hati kita tertutup dengki, tertutup buruk sangka, dendam, dll.

Alhamdulillah melalui perenungan-perenungan relaksasi yang dilakukan, melihat lagi kekurangan dan kelebihan diri melalui relaksasi, bercermin dengan diri sendiri dan menghubungkan apa yang terjadi dimasa lalu dengan kejadian yang dialami akhir-akhir ini, membukakan mata hati saya bahwa apa yang saya alami adalah semata-mata itu adalah karena diri kita sendiri. Karena PILIHAN yang kita tentukan sendiri. Memang lingkungan, pendidikan orang tua, pergaulan, berpengaruh besar dalam menentukan seperti apa kita sekarang ini, tetapi kendali utama ada pada diri kita sendiri. Sebagai mana dikatakan olehNya: tidak ada yang dapat mengubah nasib seseorang kecuali dirinya sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar