Kamis, 15 April 2010

SUKSES WALAUPUN TIDAK BERMINAT

Audrey Hepburn adalah aktris legendaris. Ia menduduki urutan ke-3 dalam Daftar 100 bintang film legendaris dalam 100 tahun versi American Film Institute. Ia 4 kali mendapat nominasi Oscar sebagai aktris terbaik dan 1 kali memenanginya pada tahun 1953 dalam film “Roman Holiday”. Apakah menjadi aktris adalah minatnya sejak kecil? Tidak! Waktu kecil ia berkeinginan kuat untuk menjadi ballerina (penari balet)

Ivanna Lie adalah legenda bulutangkis Indonesia. Ia memenangi Piala Dunia Bulutangkis (yang levelnya 1 tingkat di bawah Kejuaraan Dunia) untuk ganda campuran, medali Emas Asian Games 1982 untuk ganda campuran dan runner up Kejuaraan Dunia 1980 untuk tunggal putri. Ia juga 3 kali memperkuat tim Piala Uber Indonesia yaitu tahun 1978, 1981, dan 1986. Ivanna Lie sekarang menjadi staf ahli di Kementrian Pemuda dan Olahraga. Apakah menjadi pemain bulutangkis adalah minatnya sejak kecil? Tidak! Awalnya ia bermain bulutangkis hanya ikut-ikutan saja.

Billy Jean King adalah petenis putri Legendaris. Ia adalah perempuan pertama yang memenangkan tiga gelar wimbledon dalam tahun yang sama. Ia memenangkan gelar tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran tahun 1967. Ia juga memenangi “Battle of Sex” tahun 1973 melawan petenis putra Bobby Rigs. Apakah tennis adalah cita-citanya sejak kecil? Tidak! Sejak kecil ia ingin sekali menjadi pemain baseball. Ketika remaja ia mendaftar untuk menjadi pemain baseball tapi ditolak karena pada masa itu terjadi diskriminasi terhadap perempuan. Perempuan dilarang main baseball. Iapun beralih ke olahraga tennis.

Kita kadang-kadang menolak tawaran bisnis atau pekerjaan dengan alasan (excuse) tidak berminat. Padahal bisa jadi itu adalah peluang kita untuk sukses. Bisa jadi itu adalah jawaban dari doa kita tapi kitanya yang menutup hati dan pikiran. Mulai saat ini bukalah mata lebar-lebar untuk menerima setiap peluang yang ada walaupun kita tidak berminat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar